Selasa, 01 Mei 2012

Janji-janji Presiden SBY Pada Hari Buruh Internasional 1Mei



http://www.majalahhukumham.blogspot.com

HukumHAM JAKARTA - Himbauan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berbagi simpati kepada kaum buruh yang merayakan hari buruh internasional atau Mayday. "Tahun ini menjadi sangat istimewa karena Presiden SBY membuat sejumlah keputusan strategis bagi peningkatan kesejahteraan buruh," ujar Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Politik, Daniel Sparringa, kepada pers, Senin (30/4/2012).
Ribuan buruh di seluruh Indonesia akan merayakan Mayday dengan turun ke jalan bertepatan dengan Mayday 1 Mei 2012 hari ini. Menurut Daniel, Presiden telah memerintahkan untuk membangun sejumlah rumah sakit (RS) yang didedikasikan bagi buruh dan keluarganya. "Mulai tahun depan, RS Pekerja dibangun di kota-kota dengan konsentrasi industri seperti Tangerang, Bekasi, Surabaya, dan lainnya," kata Daniel.
Janji Presiden yang lain buat para buruh adalah membangun rumah susun sewa yang terjangkau, layak, dan dekat, akan diperluas jangkauannya. "Presiden juga membagikan 200 bus untuk mengakomodasikan keperluan transportasi buruh dari dan ke tempat kerja," ujar Daniel.
Lainnya, Daniel mengatakan Presiden telah menyetujui bahwa batas penghasilan kena pajak bagi buruh juga dinaikkan, dari Rp 1,32 juta per bulan menjadi Rp 2 juta. "Semua ini sangat penting bagi kesejahteraan buruh," ujar Daniel.
Selain mengucapakan Selamat Hari Buruh, Presiden SBY juga akan menyimak pesan politik yang disuarakan dalam pawai buruh tahun ini. "Presiden berharap semua pawai akan berjalan tertib," katanya.
            Sementara itu 30 personil Polwan cantik bersiap mengamankan demo aksi menyambut hari Buruh Internasional (may day) di depan Istana Presiden. Mereka akan berjaga di barisan depan pendemo. Mereka mengenakan seragam polwan lengkap dan bercelana panjang. Mereka membawa bendera kecil bertuliskan 'negosiator' berwarna coklat tua. Tugas polwan cantik itu untuk bernegosiasi dengan pendemo. 
Ribuan pendemo memperingati hari buruh yang akan menyerbu Istana, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (1/4/2012). Sementara itu, saat ini terlihat ada 5 Polwan cantik yang bersiap-siap di dalam pagar Monas. Mereka masih tampak santai dan mengobrol dengan sesama Polwan. "Hari ini disiagakan 30 Polwan untuk demo di depan Istana, tugasnya untuk negosiasi juga untuk melakukan pengamanan," ujar Bripda Rita Novita, Polwan dari Polda Metro Jaya. Menurut Rita, jika aktivitas pendemo meningkat, pihaknya akan mundur. Terkait dengan demo buruh ini, status di sekitar Istana menjadi siaga I. "Ini siaga I sampai tanggal 5 Mei," kata Rita.  Hingga pukul 09.45 WIB, pendemo belum terlihat datang ke Istana. Bus T
ransjakarta koridor I masih lancar, sedangkan lalu lintas menuju Istana masih lancar.
Selain Polwan cantik, sudah berjaga sekitar 500 polisi dengan menggunakan 
tameng lengkap. Mereka saat ini masih bersiap menyambut pendemo.
6 Water canon disiagakan di sekitar Istana. 2 Unit mobil pemadam kebakaran 
juga disiagakan di Monas. 30 motor trail polisi disiagakan di dalam Monas.  (
JMart/Redpus)

0 komentar:

REDAKSIONAL